IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Penjelasan Mengenai Database

Penjelasan Mengenai Database


Database adalah sekumpulan file data yang satu sama lainnya saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk mendapatkan dan memproses data tersebut. Lingkungan sistem database menekankan pada data yang tidak tergantung (idenpendent) pada aplikasi yang akan menggunakan data tersebut. Data adalah kumpulan kumpulan fakta dasar (mentah) yang terpisah. Data menggambarkan suatu organisasi

Sebuah database harus dibuat dengan rapi agar setiap data yang dimasukkan sesuai dengan tempatnya. Sebagai contoh di sebuah Perpustakaan penyimpanan buku dilakukan berdasarkan atas jenis atau kategori-kategori tertentu dari buku-buku tersebut, misalnya kategori buku komputer,  buku pertanian, dan lain-lain. Kemudian dikelompokkan lagi berdasarkan abjad dari judul-judul buku. Ini dilakukan agar setiap pengunjung dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan buku yang dimaksud. Bisa dibayangkan jika buku-buku tersebut tidak dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori yang ditentukan, maka seorang pengunjung akan sulit untuk mencari dan mendapatkan buku yang dimaksud.

Untuk itu sebuah database yang baik harus memiliki kategori-kategori yang digunakan sebagai pengelompokan data-data. Penggunaan database pada komputer dilakukan dengan menggunakan tabel-tabel. Pada tabel-tabel tersebut masih dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian untuk membedakan data yang satu dengan data yang lain. Pada sebuah tabel database harus memiliki satu kategori data yang digunakan sebagai kunci untuk membedakan data-data yang ada didalam satu tabel. Data kunci tersebut tidak boleh sama antara satu data dengan data yang lain. Data kunci sering disebut dengan Primary Key.


Konsep Relasional Database

Relational Database Management System (RDBMS) Merupakan sekumpulan data yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diambil informasinya bagi pengguna, dan data tersebut saling berhubungan. RDBMS merupakan suatu paket perangkat lunak yang kompleks digunakan untuk memanipulasi database.

Ada tiga prinsip dalam RDBMS :

Data definition
Mendefinisikan jenis data yang akan dibuat (dapat berupa angka atau huruf), cara relasi data, validasi data dan lainnya.

Data Manipulation
Data yang telah dibuat dan didefinisikan tersebut akan dilakukan beberapa pengerjaan, seperti menyaring data, melakukan proses query, dan sebagainya.

Data Control
Bagian ini berkenaan dengan cara mengendalikan data, seperti siapa saja yang bisa melihat isi data, bagaimana data bisa digunakan oleh banyak user, dan sebagainya. Semua operasi input dan output yang berhubungan dengan database harus menggunakan DBMS. Bila pemakai akan mengakses database, DBMS menyediakan penghubung (interface) antara pemakai dengan database.
Hubungan pemakai dengan database dapat dilakukan dengan dua cara :

  1. Secara interaktif menggunakan bahasa pertanyaan (query language).
  2. Dengan menggunakan program aplikasi.



Jenjang Data

Dalam database terdapat jenjang atau urutan data mulai dari kumpulan yang terkecil sampai yang terbesar.

Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / field.

Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record. field name: harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan lainnya field representation: tipe field (karakter, teks, tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang dapat diisi dengan karakter-karakter data). field value: isi dari field untuk masing-masing record.

Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.

File: File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.
Database : Kumpulan dari file / tabel membentuk suatu database.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment