IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Satu Lompatan Besar Bagi Umat Manusia

Satu Lompatan Besar Bagi Umat Manusia


Seorang astronot Amerika, Neil Armstrong, menginjakkan kakinya di bulan untuk pertama kali pada bulan Juli, 1969. Pada saat dia menginjakkan kakinya di bulan, misi pengendali di Amerika menerima kata-katanya sebagai berikut: ”Itu adalah satu langkah yang kecil bagi seorang manusia, namun merupakan satu lompatan amat besar bagi umat manusia.”


Armstrong dan dua orang rekannya telah lolos seleksi di antara tiga puluh astronot papan atas di Amerika. Ia mencapai satu tingkatan yang sangat tinggi dari semua kualitas yang diperlukan untuk misi yang amat sulit ini, historis-keterampilan yang luar biasa dalam penerbangan, kecerdasan, kekuatan, kemampuan untuk menyerap informasi, keseimbangan mental dan emosi, serta keberanian untuk menerima berbagai tantangan tanpa ragu-ragu. Ketika diseleksi untuk pertama kalinya, dia harus mengalami pelatihan yang keras. Misalnya, harus tetap tinggal di kedalaman air dalam jangka waktu yang lama sehingga dia dapat mengatasi setiap kondisi darurat yang mungkin terjadi, dia melakukan elaborasi serangkaian pelajaran dalam bidang astronomi, penerbangan luar angkasa, fisik bulan, dan sebagainya. Semua itu dilakukan dengan bantuan data-data luar angkasa yang dikomputerisasi.


Apollo 11 dengan berat 3100 ton tampak seperti raksasa. Tingginya sama dengan sebuah gedung bertingkat 36, yang memiliki delapan juta bagian dan sembilan puluh satu mesin yang disambungkan ke bagian-bagiannya. Pada bagian atas adalah mesin yang lebih kecil, Colombia, tempat para astronot berdiam untuk melakukan perjalanan historis mereka.


Mesin pesawat luar angkasa telah dinyalakan sebagaimana mestinya, mengitari bumi selama dua setengah jam. Kemudian kecepatannya meningkat menjadi 403 mil per menit dan ketika mencapai puncak ketinggian 3.000 mil, Colombia terpisah dari badan pesawat yang mengandung mesin. Pesawat tempat tinggal para astronot yang hanya seluas taksi biasa dengan fasilitas yang begitu lengkap. Akhirnya, mereka tiba di bulan dengan membawa 46 ponds tanah di bulan, meninggalkan perlengkapan seharga lima Lakh di belakang. Mereka juga meninggalkan jejakjejak kaki mereka di permukaannya yang, mudah-mudahan, akan tetap utuh selama setengah juta tahun lamanya.


Hanya setelah dilakukannya berbagai persiapan yang amat matang seperti itu maka ”langkah kecil” dapat diambil sebagai hasil terjadinya ”suatu lompatan besar" bagi umat manusia.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates