IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Begini Cara Membangun Negara yang Berkeadaban

Begini Cara Membangun Negara yang Berkeadaban

KONSEP DASAR NEGARA

PENGERTIAN NEGARA -etimologi

STATE/INGGRIS, STAAT/BLD/JERMAN, ETAT/PERANCIS, STATUS/STATUM /LATIN, YG ARTINYA: TTG KEADAAN YG TEGAK DAN TETAP ATAU YG MEMILIKI SIFAT-2 YG TEGAK DAN TETAP.

Secara terminologi : Negara diartikan sbg organisasi tertinggi diantara satu kelompok masy yg mempunyai cita-2 utk bersatu hdp dalm suatu kawasan dan mempunyai pemerintahan yg berdaulat.
Negara merupakan perpaduan antara alat (agency) dan wewenang (autority) yg me- ngatur dan mengendalikan persoalan-2 bersama.

Tujuan Negara : Tujuan negara antara lain: Bertujuan utk mmperluas kekuasaan Bertujuan menyelenggarakan ketertiban umum  Bertujuan utk mencapai kesejahteraan umum.
Ajaran Plato : tujuan negara utk memajukan kesejahteraan manusia sbg individu dan makhluk sosial
Thomas Aquinas : tujan Ngr utk mencapai penghidupan dan kehidupan aman dan ten- tram, taat kepada dan di bawah pimpinan Tuhan.

Ajaran Ngr Hukum : tujuan Ngr adalah menye- lenggarakan ketertiban hukum.
UNSUR-UNSUR NEGARA : RAKYAT : SEKUMPULAN MANUSIA YG DIPERSATUKAN OLEH SUATU RASA PERSA MAAN, DAN BER-SAMA-2 MENDIAMI SUATU WILAYAH TERTENTU

WILAYAH : UNSUR NGR YG HARUS DI PENUHI KRN TDK MUNGKIN ADA NGR TANPA BATAS-2 TERITORIAL YG JLS.

Negara Kesatuan adalah negara merdeka dan berdaulat, dengan satu pemerintahan pusat yg berkuasa dan mengatur seluruh daerah.

Ada 2 macam sistem pemerintahan dalam Ngr Kesatuan: Ngr Kesatuan dg sistem sentralisasi Ngr Kesatuan dg sistem desentalisasi.

NEGARA SERIKAT/FEDERASI, adalah Ngr gabungan yang terdiri dari beberapa negara bagian Monarki Absolut adalah pemerintahan dg kekuasaan tertinggi ditangan satu orang Raja/Ratu. (Saudi Arabaia).
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment