IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error

Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error


Hallo, selamat datang para pengunjung semua maupun teman-teman Blogger di mana saja berada. Berjumpa kembali di Blog Ala Santri.

Pada kali ini saya akan memberikan Trik dan Tips maupun Tutorial Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error. Berhubung dengan terbitnya Aplikasi baru dari Dapotik 2019 C dan banyak dari pengguna yang mengalami kesulitan dalam melakukan penginstalan Dapodik 2019 C.

Diantara mereka banyak yang mengalami masalah error dalam penginstalan Dapodik 2019 C. Dan di sini saya akan memberikan Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error yang semoga membantu kalian semua dalam manginstal Dapodik 2019 C Tanpa Error.

Perlu kalian semua ketauhi bahwa dalam menginstal Dapodik 2019 C Tanpa Error ini adalah bersifat Installer.

Pengertian Installer di sini adalah kita diharuskan untuk menginstal ulang secara total Aplikasi Dapodik 2019 C ini dari awal.

Pertama, yakni kalian harus menghapus, me-remove atau meng-uninstal aplikasi sebelumnya.

Kedua, kalian harus meng-update atau mengunduh Prefill yang terbaru. Kalian bisa mendapatkannya di website resmi Kemendikbud.go.id. Namun untuk Installer kalian bisa mengunduh dan mendapatkannya di situs-situs lain.

Pembaruan yang paling menonjol dalam Aplikasi ini adalah diantaranya penambahan validasi untuk pengisian NIK pada tabel peserta didik dan GTK, perbaikan data GTK yang hanya dapat dilakukan oleh GTK yang bersangkutan menggunakan akunmasing-masing, penguncian isian jenis kelamin dan NIK pada tabel GTK dan peserta didik.

Perlu kalian semua ketauhi bahwa nanti untuk Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidak berlaku lagi, namun akan diganti NIK dan para siswa diwajibkan mempunyai NIK yang terdata di dalam dinas kependudukan catatan sipil.


Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error

Silahkan kalian ikuti step by step tutorial Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error yang saya berikan ini:

  1. Matikan koneksi internet pada komputer atau laptop kalian.
  2. Buka Control Panel
  3. Pilih Program and Features
  4. Hapus atau uninstal Dapodik versi 2019. Tunggu hingga proses uninstal selesai.

Jika kalian semua sudah menghapus atau men-uninstal Aplikasi Dapodik versi 2019 dan membersihkan semua berkas-berkas sampahnya saya anggap kalian sudah mempunyai Dapodik 2019 C Terbaru dan sudah mengunduh Prefillnya.
  1. Buka Prefill terbaru yang sudah kalian unduh tadi. Pastikan di dalam folder tersebut terdapat berkas berjumlah 4 file dan ukuran masing-masing minimal 1mb
  2. Buka Local Disk (C). Buat folder baru dengan nama prefill_dapodik
  3. Buka folder Prefill terbaru yang kalian unduh. Salin ke Local Disk (C) pastekan ke folder prefill_dapodik
  4. Buka folder Dapodik 2019 C terbaru yang sudah kalian unduh. Klik kanan pilih Run as administrator. Pilih lanjut dan pasang. Tunggu hingga proses penginstalan selesai.
  5. Jika proses penginstalan sudah selsai. Pilih Tidak, saya akan memulai ulang komputer di lain waktu. Klik slesai.
  6. Buka aplikasi Dapodik pada tampilan beranda komputer atau laptop kalian. Dan akan muncul jendela baru berupa tampilan Registrasi. Pilih Jenis Registrasi Offline. Isikan semua kotak yang tersededia dengan akun kalian masing-masing.
  7. Jika sudah registrasi. Klik tombol biru. Tunggu proses pengecekan file prefill hingga selesai
  8. Jika sudah muncul tampilan baru berupa pemberitahuan Registrasi Berhasil. Ucapkanlah Alhamdulillah. Klik Ok
  9. Restart Komputer atau Laptop kalian.
  10. Silahkan dipergunakan dengan semestinya.

Mungkin itu dulu yang saya bagikan kepada kalian mengenai Tips dan Trik maupun Tutorial Cara Instal Dapodik 2019 C Tanpa Error. Semoga Bermanfaat. Dan jika ada diantara kalian yang keliru silahkan ditanyakan. Kolom komentar sudah tersedia di bawah.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment