IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia

Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia


Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia yakni sebagai berikut:

  • Darah yang banyak mengandung karbon dioksida mengalir ke jantung sebelah kanan, memasuki jantung melalui atrium kanan (vena kava superior dan inferior menuju ventrikel) lihat gambar yang berwarna biru.
  • Kemudian jantung memompa darah searah melalui pembuluh darah, menuju ke paru-paru, dari sinilah darah melepaskan karbon dioksida dan mendapatkan oksigen.
  • Darah yang sudah mengandung oksigen tadi menuju atrium kiri, kemudian turun melewati ventrikel kiri dan dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.
  • Oksigen dan nutrisi dari hati yang terdapat pada darah itu dipakai untuk metabolisme, kemudian menjadi karbon dioksida.
  • Zat sisa yang terdapat di dalam darah menuju hati dan ginjal. Perbandingan jumlah darah yang terpompa sama antara ke paru-paru sama dan ke seluruh tubuh.
Nah, mumpung kita sehat, rajinlah berolahraga, karena selain tubuh sehat, sistem kerja jantung pun ikut sehat, tidak harus berlebihan, cukup jalan santai,  sit up, push up, atau hal lain yang membuat badan kita berkeringat.

Jantung merupakan organ tubuh yang paling vital bagi manusia. Jantung memiliki fungsi penting bagi sistem peredaran darah manusia.


Sistem peredaran darah terdiri dari pembuluh darah yang membawa darah dari dan menuju jantung. Arteri membawa darah dari jantung dan vena untuk membawa darah kembali ke jantung.

Sistem peredaran darah manusia membawa oksigen, nutrisi, dan hormon menuju ke sel, serta membuang ‘limbah’, seperti karbondioksida.

Peredaran darah ini dimulai ketika darah yang mengandung  karbondioksida dipompa dari jantung bagian bilik kanan menuju ke paru-paru.

Singkatnya, peredaran darah ini memiliki alur dari jantung-paru-paru-jantung.

SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA atau sistem kardiovaskular adalah sebuah sistem organ tubuh manusia yang berguna sebagai sistem transportasi zat dari dan menuju sel. Selain itu, sistem peredaran darah manusia juga berguna untuk keseimbangan suhu dan nilai pH pada tubuh.

Sistem peredaran darah manusia memiliki peran yang sangat penting di dalam menjaga keberlangsungan proses metabolisme tubuh. Melalui sistem ini, zat makanan hasil yang dihasilkan oleh sistem pencernaan mampu disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

Tidak hanya zat makanan, zat-zat lain seperti oksigen dan karbon dioksida juga didistribusikan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Pada sistem pernapasan gas oksigen yang diperoleh melalui paru-paru akan disebarkan ke seluruh tubuh. Sedangkan gas karbon dioksida yang merupakan gas sisa dari proses metabolisme akan dibawa ke paru-paru melalui sistem peredaran darah manusia.

Masih banyak lagi fungsi yang dimiliki oleh sistem peredaran darah manusia. Agar lebih jelas simak penjelasan dibawah ini mengenai fungsi, organ-organ, mekanisme kerja, dan penyakit pada sistem peredaran darah manusia.

Dalam sistem peredaran darah manusia, darah menjadi alat pengangkut atau transportasi utama yang sangat penting bagi tubuh kita. Berikut beberapa fungsi peredaran darah yang menunjukkan betapa pentingnya darah bagi manusia.

Bermanfaat untuk menjaga kestabilan temperatur tubuh agar tetap berada diantara 36 derajat celcius  sampai 37 derajat celcius. Hal ini dikarenakan temperatur tubuh manusia tidak dipengaruhi oleh lingkungannya. Namun dapat dijaga melalui sistem peredaran darah. Caranya adalah dengan menyebarkan energi panas dalam tubuh secara merata ke seluruh tubuh.

Empat vena pulmoner (dua berasal dari tiap tiap paru-paru) mempunyai darah kaya oksigen ke atrium kiri jantung. Hal tersebut merupakan bagian sistem sirkulasi yang dikenal sebagai sistem peredaran darah pendek/kecil (pulmoner).

Disamping itu, aorta berasal dari ventrikel kiri juga bercabang menjadi arteri yang mengedarkan darah kaya oksigen ke semua tubuh (kecuali paru”), sesudah itu darah miskin (kurang) oksigen diangkut berasal dari jaringan tubuh oleh pembuluh vena ke jantung (atrium kanan). Peredaran darah ini kerap dinamai peredaran darah panjang/besar.

Pada mamalia dan manusia, tak sekedar pembuluh darah vena berasal dari jaringan tubuh yang ulang ke jantung, tersedia pula vena yang sebelum saat ulang ke jantung datang dahulu ke suatu alat tubuh, jikalau darah berasal dari usus sebelum saat ke jantung datang dulu di hati. Peredaran darah seperti ini disebut sistem vena porta.

Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil.

Di bagian jantung sebelah kiri, darah di dalam bilik kiri dipompa masuk ke aorta. Sementara itu, katup AV menutup, sedang katup ke aorta membuka.Pada sistem peredaran darah manusia terkandung dua lintasan peredaran darah, yakni peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Kedua peredaran darah ini disebut peredaran darah ganda.

Peredaran darah besar merupakan peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik kiri jantung lalu diedarkan ke semua jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbon dioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang banyak mengandung karbon dioksida melalui vena dibawa menuju serambi kanan jantung.

Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan lagi lagi ke jantung. Darah yang kaya karbon dioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah selanjutnya bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang lantas akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.

Proses peredaran darah tergoda terhitung oleh kecepatan aliran darah, luas penampang pembuluh darah, tekanan darah dan kinerja otot jantung, dan pembuluh darah.

Terdapat beberapa gangguan atau penyakit pada sistem peredaran darah. Gangguan ini bisa terjadi pada darah, jantung, pembuluh darah, atau tekanan darah.


Referensi Daftar Pustaka:
  1. https://www.penuliscilik.com/bagaimana-cara-kerja-peredaran-darah-manusia/
  2. https://id.theasianparent.com/sistem-peredaran-darah-manusia
  3. https://informazone.com/sistem-peredaran-darah-manusia/
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates