IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Cara Mengaktifkan VPN

Cara Mengaktifkan VPN

Cara Mengaktifkan VPN.- Pada kali ini berjumpa lagi bersama saya dalam artikel Cara Mengaktifkan VPN. Ya, benar sekali, jika kalian sedang mencari Cara Mengaktifkan VPN maka di sinilah tempatnya, saya akan menguraikan dengan lengkap Cara Mengaktifkan VPN. Saya menulis mengenai Cara Mengaktifkan VPN adalah masih banyak diantara kalian yang sedang mencari Cara Mengaktifkan VPN. Semoga Cara Mengaktifkan VPN yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua.


Apa sih VPN itu ?

Sebelum kita semua masuk dalam pembahasan Cara Mengaktifkan VPN, maka perlu kalian semua ketauhi bahwa Virtual Private Network (biasa disebut VPN) merupakan sebuah koneksi yang aman antara dua bagian dari sebuah jaringan pribadi yang digunakan pada sebuah jaringan publik seperti Internet untuk mengurangi biaya operasional.

Jadi sebuah VPN menyediakan koneksi yang aman antara dua segmen pada sebuah jaringan, dimana satu ujungnya berada pada gateway (sebuah pintu masuk ke dalam jaringan, seperti sebuah router) jaringan di kantor Anda, dan ujung yang satunya lagi berada pada PC di rumah Anda atau pada sebuah gateway jaringan lainnya, misalnya pada kantor cabang di luar kota. Kedua segmen tersebut dikoneksikan melalui sebuah jaringan publik, biasanya adalah Internet. Untuk dapat mengamankan jaringan di dalamnya, VPN memakai dua teknologi utama: tunneling dan enkripsi.


Bagaimana sih Cara Kerja VPN itu ?

Perlu kalian semua ketauhi bahwa cara kerja VPN adalah VPN bisa bekerja dengan cara :
  1. Dial-up
  2. Bagian dari router-to-router


Tunnel dalam VPN sebenarnya hanya logical point-to-point connection dengan otentikasi dan enkripsi. Analoginya adalah kalau sebuah organisasi/perusahaan punya kantor di 2 gedung yang berbeda. Nah, untuk orang/informasi bergerak dari satu kantor ke kantor lainnya.

Proses Enkapsulasi. Paket lama dibungkus dalam paket baru. Alamat ujung tujuan terowongan (tunnel endpoints) diletakkan di destination address paket baru, yang disebut dengan encapsulation header. Tujuan akhir tetap ada pada header paket lama yang dibungkus (encapsulated). Saat sampai di endpoint, kapsul dibuka, dan paket lama dikirimkan ke tujuan akhirnya. 

Sedangkan Enkapsulasi dapat dilakukan pada lapisan jaringan yang berbeda :
  • Layer 2 Tunneling. VPN paling sering menggunakan lapisan data link.
  • Layer 3 Tunneling. Tunneling dapat dibuat pula pada lapisan IP. Jadi paket IP dibungkus dalam IP
  • Security (IPSec) dengan menggunakan pula IKE (Internet Key Exchange).


Bagaimana dengan Performa VPN ?

Masalah Performa VPN. Yang paling jadi masalah adalah performa Internet sendiri. Misalnya kadang-kadang bisa terjadi ISP tidak bisa diconnect, atau sedang ada heavy traffic di Internet
(karena ada berita besar misalnya). Kemudian adalah masalah kecepatan, dimana circuit-level VPN lebih lambat ketimbang network-level VPN.


Cara Mengaktifkan VPN

Disni kita fokus pada Cara Mengaktifkan VPN di android saja, sedangkan untuk versi laptop maupun OS lain bisa saya tulis di lain kesempatan. Sebenarnya Cara Mengaktifkan VPN sangatlah mudah, juga Cara Mengaktifkan VPN sangatlah banyak dengan berbagai macam cara, diantaranya bisa dengan melalui fasilitas dari bawaan Hp, maupun dari Aplikasi yang sudah disediakan di Play Store.


Untuk Cara Mengaktifkan VPN lewat Hp yakni kalian cukup :
  1. Buka pengaturan
  2. Pilih sambungan nirkabel lainnya
  3. Pilih VP
  4. Aktifkan VPN tersebut

Sedangkan Cara Mengaktifkan VPN lainnya adalah kalian instal terlebih dahulu Aplikasi VPN, banyak tersedia di Play Store dengan ukuran yang terbilang kecil. Dan untuk Cara Mengaktifkan VPN pada Aplikasi tersebut, kalian tinggal membaca prosedur tatacara penggunaannya, biasanya sudah disediakan pada tampilan layar Aplikasi tersebut sebelum kalian menginstalnya.

Bagaimana ? Mudah bukan Cara Mengaktifkan VPN ? Mungkin ini dulu Cara Mengaktifkan VPN yang dapat saya berikan, jika ada yang keliru maupun kurang silahkan tambahkan pada kolom komentar di bawah. Silahkan baca referensi lebih.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment