IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Jelaskan Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi

Jelaskan Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi

Jelaskan Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi.- Pada pagi yang cerah ini saya akan membagikan kepada kalian semua mengenai Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi. Mungkin sudah banyak yang belum kalian ketauhi tentang Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi, oleh karenanya saya memberikan Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi kepada kalian semua agar semakin bertambah pengetahuan tentang Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi. Semoga Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi yang saya bagikan ini bermanfaat.


Jelaskan Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi

Sebelum masuk lebih jauh dalam pembahasan tentang mengenai Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi, ada baiknya kalian semua perlu ketauhi, bahwa sistem desentralisasi maksudnya sistem pemerintahan di mana pemerintah daerah memiliki kekuasaan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri berdasarkan kebutuhan dan potensi daerah masing-masing.

Perlu diingat, selain negara kesatuan dengan sistem desentralisasi, dikenal juga negara kesatuan dengan sistem sentralisasi.

Sedangkan di Indonesia sendiri merupakan negara kesatuan yang disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara kesatuan dapat dibedakan menjadi dua macam sistem yaitu sentralisasi dan desentralisasi. Dua sistem negara ini sudah diterapkan di Indonesia sejak kemerdekaan hingga saat ini.


Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi

Perlu kalian semua ketauhi, Dalam negara kesatuan bersistem desentralisasi, daerah diberikan kekuasaan untuk mengatur rumah tanggganya sendiri atau otonomi. Untuk menampung aspirasi rakyat di daerah, terdapat parlemen daerah yang isinya wakil rakyat. Meskipun demikian, pemerintah pusat tetap memegang kekuasaan tertinggi dan terus berkoordinasi dengan daerah.

Jadi, desentralisasi atau otonomi daerah kini memunculkan beberapa tokoh daerah inspiratif dan potensial di Indonesia. Berbagai daerah di Indonesia semakin maju sejak otonomi daerah digulirkan karena kader-kader daerah bertalenta semakin bermunculan mengeluarkan ide terbaiknya untuk membangun daerahnya.

Mungkin ini dulu Penerapan Konsep Negara Kesatuan dengan Sistem Desentralisasi yang dapat saya bagikan. Jika ada yang kurang maupun keliru silahkan ditambahkan di kolom komentar. Terimakasih.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment