Mengapa Wirausaha Harus Melakukan Analisis Peluang Usaha
Kita mungkin bertanya-tanya Mengapa Wirausaha Harus Melakukan Analisis Peluang Usaha ? Ya, jawabannya ada di bawah ini, silahkan kalian baca Mengapa Wirausaha Harus Melakukan Analisis Peluang Usaha itu sangat perlu untuk peluang usaha.
Perlu kalian ketauhi bahwa agar usaha yang dirintis calon wirausaha berhasil baik dan dapat memberikan keuntungan maka dibutuhkan analisis bisnis yang tepat. Dalam melakukan analisis bisnis ada beberapa tahapan yang harus dilalui.
Mengapa Wirausaha Harus Melakukan Analisis Peluang Usaha
Jadi, Memulai bisnis baru dengan menjadi entrepreuneur bukanlah hal yang mudah, calon wirausaha terlebih dahulu harus mampu menumbuhkan rasa cinta pada kegiatan usaha yang akan dijalankannya serta pengetahuan yang memadai mengenai jenis usaha yang menguntungkan. Rasa cinta atas kegiatan usaha yang akan dimulai tidak akan tumbuh bila tidak didukung oleh pengetahuan yang memadai mengenai jenis usaha tersebut, untuk itu salah satu langkah awal dalam menentukan jenis bisnis yang akan ditekuni wirausaha adalah mengetahui kepribadian calon wirausaha dan informasi alternative usaha yang prosfektif.
Pemahaman akan diri sendiri merupakan factor kunci bagi seorang wirausaha dalam memulai suatu bisnis karena dengan mengenali diri sendiri perjalanan usaha yang akan dirintis dapat lebih mudah diprediksi.
Beberapa Faktor dalam Diri Calon Wirausaha yang Harus Dipahami Sebelum Memulai Bisnis:
- Karakter pribadi, didalamnya termasuk kesabaran, ketekuanan, percaya diri, keberanian mengambil resiko, dan motivasi diri. Contoh seseorang yang memiliki sifat ingin cepat memperoleh hasil yang besar mungkin lebih cocok bergerak di bisnis yang “high profit” dengan frekuensi penjualan yang mungkin tidak terlalu sering dibandingkan bergerak di bisnis yang mengandalkan jumlah penjualan yang terus menerus dengan margin penjualan yang kecil.
- Bakat, potensi dan kemampuan. Sebuah usaha akan mencapai kesuksesan apabila usaha tersebut dijalankan sesuai dengan bakat, potensi dan kemampuan diri. Sebaiknya calon wirausaha tidak memilih jenis usaha yang sama sekali tidak dikuasai karena akan banyak waktu dan biaya yang terbuang bahkan usaha yang dirintis mungkin tidak akan berjalan lancar.
- Pengalaman. Calon wirausaha yang memiliki pengalaman di bidang usaha yang akan digeluti akan lebih memahami peluang dan kendala dari usahanya.
Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha
Mengidentifikasi faktor-faktor strategis internal untuk membuat matrik factor strategi internal. Faktor strategi internal yaitu : Kekuatan internal yang dimiliki sehingga mampu mencapai posisi saat ini dan mendukung pencapaian sasaran. Kelemahan internal yang dipunyai pada saat ini atau yang menghambat upaya pencapain sasaran.
Mengidentifikasi faktor-faktor strategis eksternal untuk membuat matrik strategi eksternal. Faktor strategi eksternal adalah : Peluang eksternal atau kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pencapaian sasaran atau perbaikan. Kendala eksternal atau hambatan yang akan dihadapi dalam usaha pencapaian sasaran.
Membuat matrik profil kompetitif, dipergunakan untuk mengetahui posisi relatif perusahaan yang dianalisis, dibandingkan dengan perusahaan pesaing.
DONASI VIA PULSA
Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Post a Comment
Post a Comment