IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik

Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik

Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik.- Hallo sahabat blogger. Pada kali ini saya akan membagikan kepada kalian semua mengenai Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik. Saya menulis tentang Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik adalah dikarenakan masih banyak diantara kalian yang sedang mencari Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik. Semoga Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik yang saya berikan ini bermanfaat untuk kita semua.


Tuliskan 5 Istilah dalam Membatik

Sebelum kita masuk pada pembahasan lebih dalam, ada baiknya kalian semua harus mengetauhi dahulu bahwa kain batik apabila dalam pembuatannya ternyata melalui proses yang cukup panjang, sehingga membentuk motif dan warna yang sangat cantik pada kain yang digunakan apalagi ketika sudah diberikan dengan pola batik.

Nah, berikut ini klik anggita akan memberikan Kain Batik dalam pembuatannya ternyata melalui proses yang cukup panjang sehingga membentuk motif dan warna yang cantik pada kain yang digunakan.

Nah, pada kali ini Klik Anggita memberikan cukup 5 istilah yang digunakan dalam membatik yaitu :

  1. NYUNGGING. Merupakan proses membuat pola atau motif pada kertas.
  2. NJIPLAK. Merupakan proses pemindahan pola dari kertas ke media kain sebelum dilakukan proses selanjutnya. Setelah itu NGLAWONG. Proses pelekatan malam dengan canting sesuai pola.
  3. NGISENI. Merupakan proses pemberian motif isian pada ornamen utama. Selanjutnya NYOLET. Merupakan proses pewarnaan bagian - bagian tertentu dengan menggunakan kuas.
  4. MOPOK. Merupakan proses menutup bagian yang dicolet dengan malam. Selanjutnya NGELIR. Adalah proses pewarnaan kain secara menyeluruh.
  5. NGLOROD. Merupakan proses penghilangan malam dengan merendam kain pada air mendidih. Selanjutnya NYOGA. Merupakan proses pencelupan kain dengan warna cokelat atau sogan.

Mungkin itu dulu 5 Istilah dalam Membatik yang dapat saya bagikan. Mohon jika ada yang kurang maupun keliru, silahkan ditambahkan di kolom komentar.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment