IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda

Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda

Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda.- Hallo sobat, pada hari saya akan membagikan kepada kalian semua mengenai Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda. Saya menulis tentang Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda adalah dikarenakan masih banyak di antara kalian yang sedang mencari Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda. Semoga artikel saya mengenai Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda ini bermanfaat untuk kita semua.


Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda

Sebelum kita masuk lebih dalam mengenai reaksi terhadap agresi belanda, terlebih haruslah kalian semua ketauhi bahwa Operatieproduct (bahasa Indonesia : operasi produk) atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Agresi Militer Belanda adalah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatera terhadap Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

Jadi, Operasi Militer ini merupakan bagian Alaksi Polisionil yang dilakukan Belanda dalam rangka mempertahankan penafsiran Belanda terhadap Perundingan Linggarjati.


Apa Penyebab Terjadinya Reaksi Terhadap Agresi Belanda ?

Salah satu dari sekian sebabnya adalah pihak Belanda selalu menempatkan Indonesia sebagai Negara persemakmuran dengan Belanda sebagai Negara induk. Sebaliknya, pihak Indonesia tetap teguh mempertahankan kedaulatan NKRI, agar lepas dari Belanda.


Bagaimana Perjuangan Bangsa Indonesia dengan Reaksi Terhadap Agresi Belanda ?

TNI mengalami pukulan berat saat agersi militer Belanda, akan tetapi, itu tidak menyurutkan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ketika itulah perjuangan diplomasi memegang peranan penting. Tanpa kenal lelah, para tokoh Indonesia diluar negeri membela kepentingan Indonesia. Mereka berusaha menunjukan kepada dunia internasional bahwa Indonesia layak dan mampu merdeka dan berdaulat. Keberhasilan pejuang diplomasi terbukti dari munculnya reaksi keras terhadap tindakan agresi militer Belanda.

Dapat kita simpulkan bahwa, agresi militer merupakan bentuk riil bahwa Belanda melanggar perjanjian Internasional (Linggarjati). Dalam agresi ini Belanda mencoba menguasai kota-kota pelabuhan dan kota perkebunan yang dianggap penting bagi Indonesia.

Tidak hanya itu, penculikan terhadap pemimpin-pimmpin termasuk presiden Sukarno menjadi salah satu modus Belanda selain menguasai daerah-daerah penting.

Mungkin ini dulu artikel tentang Sebutkan dan Jelaskan Reaksi Terhadap Agresi Belanda yang dapat saya bagikan kepada kalian semua. Mohon maaf jika ada yang keliru silahkan tambahkan di kolom komentar. Baca lagi referensi lebih.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment