IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Ini Urgensi dari Pendidikan Kewarganegaraan

Ini Urgensi dari Pendidikan Kewarganegaraan

Defenini Civic education. Istilah Civic Education oleh banyak ahli diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan Pendidikan Kewarganegaraan atau Kewargaan[1]. Kata civic adalah bahasa inggris yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah kewarganegaraan.sedangkan education adalah pendidikan. Secara umum civic education adalah memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, demokratis serta bertanggungjawab, memiliki sikap perilaku sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan Bangsa.

Urgensi Civic Education. Menurt KBBI, urgensi adalah keharusan yang mendesak; hal yang sangat penting.

Kita lihat di gambar 1 dosen sedang menerangkan tentang asbabun nuzul buku civic education. Nah, disini beliau sedang menjalankan urgensi civic education, yang mana dengan disiplin menjelaskan kepada kita semua tentang buku tersebut dalam menggunakan Bahasa Indonesia, dan ini jelas sekali urgensinya. Dan dengan menjadi dosen beliau juga sedang membangun karakter mahasiswa dengan menjadikan mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir IAIN Pontianak yang cerdas, aktif, kritis dan demokratis dan pastinya tetap memiliki komitmen menjaga persatuan dan integritas. Aaamiiin. Itu adalah salah satu dari sekian banyak contoh urgensi civic education.

Paradigma Civic education. Paradigma adalah cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan memepengaruhinya dalam berfikir, bersikap dan bertingkah laku.[2] Adalah sebagai upaya pembelajaran yang diarahkan agar peserta didik tidak hanya mengetahui sesuatu, melainkan dapat belajar untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab sebagai individu dan makhluk sosial serta belajar untuk melakukan sesuatu  yang didasari oleh pengetahuan yang dimilikinya. Melalui pola pembelajaran tersebut diharapkan mahasiswa dapat dan siap untuk belajar hidup bersama  dalam kemajemukan Indonesia dan dunia.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment