IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Seperti Ini Sistematika Proposal IAIN Pontianak

Seperti Ini Sistematika Proposal IAIN Pontianak

Proposal penelitian (research proposal) merupakan rencana penelitian / skripsi yang diusulkan oleh seorang mahasiswa kepada Jurusan masing-masing Fakultas IAIN Pontianak. Proposal penelitian terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu bagian awal, isi dan akhir.


Bagian Awal terdiri dari :
    Sampul (Cover)
    Pada sampul depan, proposal skripsi memuat judul, nama mahasiswa dan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), logo IAIN Pontianak, nama Jurusan, nama Fakultas, nama perguruan tinggi (IAIN Pontianak), dan tahun proposal skripsi diajukan. Judul proposal harus jelas (tidak ambigu), spesifik, menarik, singkat dan menggambarkan masalah penelitian.

    Daftar Isi dan Lainnya
    Halaman berikutnya berisikan: (1) Daftar Isi; (2) Daftar Tabel (jika ada); (3) Daftar Gambar (jika ada) dan; (4) Daftar Lampiran (jika ada). Halaman-halaman ini, secara berurutan, diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil.

Bagian Isi

Isi proposal skripsi meliputi: (1) Latar Belakang Masalah; (2) Masalah / Fokus Penelitian; (3) Tujuan dan Manfaat; (4) Kajian Pustaka; (5) Hipotesis (jika ada); dan (6) Metode Penelitian.

    Latar Belakang Masalah
    Latar belakang masalah memuat uraian adanya kesenjangan anatar harapan (das sollen) dan kenyataan (das sein), baik kesenjangan teoritis ataupun kesenjangan praktis yang melatarbelakangi masalah yang akan diteliti. Pada bagian ini peneliti harus menuliskan argumentasi mengapa masalah itu penting untuk diteliti.

    Masalah Penelitian
    Masalah penelitian dirumuskan berdasarkan pembatasan masalah sebagai pilihan dari hasil identifikasi masalah. Pembatasan masalah dilakukan berdasarkan pada tingkat kepentingan, urgensi dan kelayakan (feasibility) masalah yang akan dipecahkan, selain faktor keterbatasan tenaga, dana, dan waktu.
    Rumusan masalah dapat dibuat dalam bentuk pertanyaan mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan pembatasan masalah. Untuk penelitian kualitatif digunakan istilah fokus penelitian.

    Tujuan dan Manfaat
    Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu kepada isi dan rumusan masalah penelitian.
    Manfaat penelitian mengungkapkan kegunaan atau pentingnya penelitian terutama bagi pengembangan ilmu, pemberdayaan / pembangunan umat, dan masyarakat, menemukan solusi / alternatif pemecahan masalah, dan seterusnya. Manfaat penelitian hendaknya dapat ditujukan secara langsung kepada beberapa pihak, termasuk peneliti sendiri.

    Kajian Teori / Pustaka
    Kajian Pustaka terdiri dari kajian teori, hasil penelitian terdahulu, dan kerangka pikir (jika diperlukan)

    Hipotesis
    Hipotesis berisi dugaan yang akan dibuktikan kebenarannya melalui penelitian dan dirumuskan berdasarkan kerangka pikir penelitian.

    Metode Penelitian
    Proposal skripsi harus menjelaskan metode penelitian yang diterapkan. unsur-unsur metode yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

    Jenis Penelitian
    Bagian ini menjelaskan pendekatan yang digunakan dalam penelitian, misalnya pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Selanjutnya dijelaskan metode penelitian, misalnya penelitian kausalitas dan analisis isi (conten analysis).

    Lokasi dan Waktu
    Berkenaan dengan penelitian lapangan, proposal skripsi mesti menjelaskan lokasi penelitian dan rencana waktu pelaksanaannya. Pemilihan lokasi penelitian harus disertai dengan alasan. Rencana penggunaan waktu penelitian dirinci secara kronologis, sehingga proses penelitian tergambar secara keseluruhan.

    Sumber Data
    Untuk penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif harus menjelaskan populasi penelitian dan karakteristiknya, dan jumlah sampel jika diperlukan. Penetapan jumlah sampel harus disertai penjelasan tentang cara pengembilan sampel atau teknik sampling. Besaran sampel perlu didukung dengan pendapat pakar, begitu juga dengan metode penarikan sampel, sehingga diperoleh jumlah sampel yang representatif. Sedangkan sumber datanya disebut subjek penelitian, misalnya, interviewee, observee, dan responden.
    Penentuan sumber data dalam penelitian kualitatif menggunakan sampel non probability (misalnya purposive, snowball sampling) sedangkan beberapa istilah untuk sumber datanya antara lain disebut informan, aktor, dan narasumber.

    Variabel Penelitian dan Defenisi Operasional
    Variabel penelitian dan defenisi operasional umumnya digunakan dalam penelitian kuantitatif. Variabel penelitian adalah objek penelitian yang dapat berupa suatu atribut, nilai / sifat, individu / kegiatan yang mempunyai variasi tertentu antara satu dan lainnya.
    Defenisi operasional adalah defenisi yang memberikan arahan kepada peneliti untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian kualitatif, istilah yang lazim digunakan adalah penjelasan istilah.

    Teknik Pengumpulan Data
    Dari sekian banyak teknik pengumpulan data, peneliti mesti menjelaskan teknik pengumpulan data yang hendak diterapkan.

    Alat Pengumpulan Data
    Alat pengumpulan data berhubungan dengan instrumen penelitian, misalnya: tes, angket (questionaire), pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Alat pengumpulan data ini harus disesuaikan dengan teknik pengumpulan data. Pada penelitian kuantitatif bagian ini juga memaparkan uji coba disertai analisis dan hasil uji cobanya seperti validitas dan reliabilitas alat pengumpulan data.

    Teknik Analisis Data
    Teknik analisis data yang dimaksudkan di sini adalah rencana analisis yang akan digunakan.


Bagian Akhir

Bagian akhir dari proposal skripsi meliputi: (1) Daftar Pustaka dan (2) Lampiran. Semua referensi atau literatur yang dirujuk atau dimanfaatkan dalam proposal skripsi mesti dicantumkan secara jelas  dan tersusun dalam daftar pustaka. Daftar pustaka diletakkan pada halaman tersendiri

Setelahhalaman daftar pustaka, proposal skripsi melampirkan: (1)  SK Seminar Proposal; (2) Bahan-bahan penjelas isi proposal; dan (3) Bahan-bahan penting lain yang erat kaitannya dengan proposal skripsi.


Ketentuan Tambahan

Bagian isi proposal untuk penelitian yang lebih spesifik, dapat dikembangkan sesuai dengan jenis penelitian dan bidang keilmuan.


Semoga Bermanfaat
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment