IWj1X5DXrCbI10RsBEkQ7SL6RUOnRXSRSecqO6kR
Pembekalan KKL IAIN Pontianak

Pembekalan KKL IAIN Pontianak


Kuliah Kerja Lapangan atau yang biasa disingkat dengan KKL merupakan progam tahunan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

Tepat sebelum keberangkatan mahasiswa/i KKL di daerah yang telah ditentukan, maka dilaksanakan pembekalan terlebih dahulu.

Pembekalan dilaksanakan salah satunya merupakan persiapan dan untuk bekal bagi mahasisawa/i yang akan berhadapan dengan masyarakat sekitar.

Pembekalan ini berjalan selama kurang lebih dua hari. Materi yang disampaikan diantaranya mengenai progam KKL untuk mahasiswa/i yang akan ditempatkan di daerah-daerah yang sudah ditetapkan.

Juga mengenai tugas yang harus diselsaikan oleh seluruh mahasiswa/i KKL selama melaksanakan KKL dalam kurung waktu 40 hari. Diantaranya tugas untuk membuat karya dalam bentuk tulisan, di mana setiap mahasiswa/i ditugaskan untuk dapat menulis minimal 10 halaman dalam satu judul.

Dilanjutkan tulisan dari setiap mahasiswa/i tersebut dibukukan dan diterbitkan oleh media cetak. Itulah diantara tugas yang harus diselesaikan oleh semua mahasiswa/i KKL tahun 2019 IAIN Pontianak.

Untuk jumlah kelompok KKL tahun 2019 IAIN Pontianak pada kali ini kurang lebih berjumlah 63 kelompok. Setiap kelompok masing-masing terdapat 15 mahasiswa/i.

Kelompok KKL tahun 2019 IAIN Pontianak juga merupakan kelompok dari mandiri dan reguler. Kelompok mandiri merupakan kelompok yang mahasiswa/i tersebut yang menentukan untuk daerah serta rekannya di dalam kuliah kerja lapangan tersebut. Dan untuk kelompok reguler adalah kelompok yang mana mahasiswa/i serta lokasi daerah KKL dipilih oleh para dosen-dosen dan para LP2M IAIN Pontianak.

Di dalam setiap kelompok KKL tahun 2019 IAIN Pontianak terdapat dua dosen, diantaranya dosen pembimbing dan dosen pendamping.

Bagi setiap mahasiswa/i KKL tahun 2019 IAIN Pontianak mendapatkan jaket almamter yang bertuliskan dan berlogo KKL Integratif Tahun 2019 IAIN Pontianak. Dan mendapatkan pula satu buku panduan KKL bagi setiap kelompok.

Tugas individu bagi mahasiswa/i KKL tahun 2019 IAIN Pontianak ialah membuat tulisan naratif populer, sedangkan untuk tugas kelompok yakni hasil tulisan setiap mahasiswa/i peserta KKL digabungkan menjadi buku, untuk formatnya seperti catatan dan file buku yang sudah ditetapkan.
DONASI VIA PULSA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Prodi SEO. Terima kasih.
Selanjutnya...
SHARE
Blog Ala Santri
"Bagaimana aku akan takut dengan kemiskinan, sedangkan aku adalah hamba dari Yang Maha Kaya".

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment